Selasa, 06 Oktober 2015

Celoteh Sore | Pengertian Cerpen

Hai bro & sista makasih ya sudah mampir di blog ane.

Hari ini hari pertama postingan ane, ane bingung mau nulis artikel tentang apa?
Padahal udah mempersiapin bekal buat ngeblog....
Persiapan yang ane siapin yaitu.....
*Segelas kopi
*Rokok
*Laptop

Ehmmmmm......
Sempet bingung juga nie........
Apa nulis Cerpen aja ya?
Cerpen lumayan juga nulisnya, oiya bagi sobat rujak yang ingin membaca cerpen bisa melihatnya kumpulan cerpen di situs esswezone. Disitus tersebut banyak info menarik-menarik lainnya seperti bayi lucu, cerita lucu, contoh cerpen, gambar bayi lucu, gambar romantis, history, kartun lucu, kumpulan cerpen, sms lucu, video lucu banget, zombie blog.

kok malah blog orang sich......
ok dari tadi ane bahas tentang bahas tentang cerpen, terus lantas apa sich cerpen itu.

Pengertian Cerpen

Cerita pendek atau yang biasa kita kenal dengan istilah cerpen yang merupakan salah satu jenis prosa fiksi dimana di dalamnya berisi pengisahan yang fokus pada satu titik konflik saja (Permasalahan tunggal) dengan jumlah tokoh terbatas dan tidak berkembang (hanya itu-itu saja). Alur cerita sederhana & biasanya hanya memaparkan penyelesaian suatu konflik yang di ungkapkan.

Ciri-ciri Cerpen
Untuk mempermudah dalam membuat suatu cerpen & mengembangkannya menjadi suatu cerita pendek yang menarik untuk dibaca, silahkan sobat perhatikan ciri-ciri cerpen sbb :

- Cerpen harus memiliki alur cerita yang sangat sederhana
- Dalam sebuah cerpen hanya menceritakan kehidupan tokoh yang dianggap penting.
- Tidak mengubah nasib tokoh
- Dalam karakter tokoh tidak ditulis secara mendetail

Jumlah Kata dalam sebuah Cerpen
Dalam penulisannya cerpen ditulis maksimal -+ 30 halaman kuarto & maksimal terdiri dari 10.000 kata. Sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk membaca sebuah cerpen hanya 10 menit (bacaan sekali duduk ).

Sekian penjelasan ane tentang pengertian Cerpen, semoga bermanfaat artikel ane kali ini.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar